Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Senin, 08 Juli 2013

Danau Tao



Danau Tao

Danau tao ini terdapat di Desa Pangkal dolok Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, danau tao ini bentuknya seperti paret yang luas dan memanjang, apabila musim penghujan maka air danau ini juga akan bertambah luas, danau ini dikelilingi perbukitan gundul yang hanya ditumbuhi ilalang dan tanaman balakka (tanaman khas daerah Padangbolak) dan di bukit-bukit sekitar danau ini masyarakat setempat beternak sapid dan kerbau. Bisa dibilang panorama danau ini sangat indah, di danau juga bisa dinikmati dengan menaiki rakit-rakit yang dibuat oleh masyarakat setempat dari bambu. Danau tao ini sangat banyak manfaatnya bagi warga desa karena rata-rata profesi masyarakat adalah berkebun dan beternak sapi yang biasanya dimandikan dipinggiran danau, di danau ini juga banyak ikan nya biasanya masyarakat menangkap ikan di sepanjang pinggiran danau dengan menggunakan pancing ataupun tembak ikan, ikannyapun bermacam-macam seperti: ikan gabus, lele, mujair dll. 
Masyarakat di sekitar danau tao ini sangat ramah-ramah sekali  kepada para pendatang, pada saat saya berbincang-bincang dengan para warga masyarakat Desa Pangkal dolok ini (istilah bataknya martarombo) ternyata masyarakat di desa ini hampir keseluruhan bermarga Harahap dan biasanya yang nikah harahap dengan harahap, selebihnya marga rambe dan lain sebagainya.
Di desa ini ada juga makam yang usianya sudah puluhan tahun (Bale Pondom haijuran Pulungan Harahap) katanya ini adalah makam salah satu leluhur perintis Desa Pangkal Dolok.

 Jalur akses ke danau ini bisa dikatakan mudah, jika kita memulai perjalanan dari kota Padangsidimpuan bisa menaiki bus sampai ke simpang Desa Pangkal dolok kira-kira 1jam atau sekitar 30km (ongkos Rp 10.000), dan dari simpang Desa menuju ke danau akan melewati jalan aspal disambung dengan jalan batu dan tanah sekitar 5 Km (tidak ada angkutan umum kecuali hari-hari tertentu).






4 komentar:

  1. kok info tentang letak danau tao, pernikah " biasanya yang nikah harahap dengan harahap, selebihnya marga rambe dan lain sebagainya". info bapak tidak relevan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa tidak relevan, kami langsung tinjau ke lokasi lho, bukan asal posting. thanks

      Hapus

TAPANULI NADEGES BLOGNYA ORANG TAPANULI

Masyarakat Tapanuli juga bisa berperan dalam mengirimkan berita tentang tapanuli, baik itu budaya, adat istiadat, peristiwa alam, perjalanan, maupun karya seni seperti photo video, cerpen dll. dapat dikirimkan ke email: tapanulinadeges@gmail.com http://tapanulinadeges.blogspot.com/2013/11/mari-kirimkan-karyamu-ke-tapanuli.html

Tapanuli Tanah yang kaya dan masyarakatnya beradat
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh