Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Rabu, 26 Juni 2013

Gua Tuk-tuk di Padang Lawas Utara

Gua tuk-tuk inilah nama gua yang terletak di hutan lindung di Kabupaten Paluta (Padang Lawas Utara), gua ini adalah gua alami yang masih jarang di kunjungi manusia tetapi akses menuju ke gua ini sangatlah mudah (jika goa ini ada di salah satu kota besar Indonesia, pasti gua ini akan menjadi Primadona Wisata alam yang tidak kalah dengan objek wisata lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitarnya), gua ini memiliki fungsi antara lain sebagai sarang burung layang-layang. gua tuk-tuk di Paluta ini sangat indah sekali, jika harus terus terang goa Tuk-tuk ini jauh lebih indah dan luas dibandingkan dengan gua aek badak meskipun keindahan itu relatif bagi semua orang, kenapa saya katakan indah,,, karena:
1. Gua ini memiliki bibir goa yang sangat besar dan indah (diameter _+ 15m)
2. Gua ini adalah gua alami yang bersih, rata-rata lantainya kering dan memiliki banyak lorong-lorong.
3. Ada dua goa yang saling berdekatan,
 a. Gua Diagonal yang dalamnya memiliki celah-celah indah yang bisa dimasuki manusia.
 b. Gua Horizontal yang memiliki kedalaman puluhan meter dan tembus menuju goa vertikal (jadi apabila kita ingin mencapai ujung gua kita harus menggunakan tali)
4. Letak goa yang jauh dari pemukiman _+ 4km, namun bisa ditempuh denga roda dua dengan jalan tanah kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama -+ 15menit.
5. Lokasi gua yang sangat alami ditengah rimba raya.

Itulah beberapa keindahan gua Tuk-tuk, dan masih banyak lagi yang tidak tertuliskan, saya harap keindahan gua ini bisa dinikmati banyak orang dan harapan ini akan terlaksana jika didengar dan dilaksanakan masyarakat dan Pemerintah kab. Paluta khususnya di Desa, Simaninggir.
Di dalam gua juga terdapat banyak sekali kelelawar dan katak yang unik yang siap menyambar tubuh kita :-). Jadi bagi siapapun yang ingin kesana persiapkan masker dan jangan lupa alat penerangan satu lagi yang tidak kalah penting harus ada yang memandu menuju gua (yang sudah pernah ke gua tuk-tuk) karena lokasi goa yang masih alami dan disekitarnya hutan kemungkinan besar akan salah arah dan pasti merasa senang dengan pengalaman susur gua tuk-tuk.
 berikut saya lampirkan photo-photo keadaan gua Tuk-tuk di Paluta Sumatera Utara indonesia.







































adapun nama goa tuk-tuk ini berasal dari suara batu yang ada di depan mulut goa yang berbunyi kira-kira tuk-tuk-tuk... jika di injak. Itulah nama yang tepat untuk gua ini yang terpintas dipikiranku saat menginjak kepingan batu besar hendak pulang meninggalkan lokasi gua.

8 komentar:

  1. keaeeeeeeeeeeeren bang,,,Lanjutkan Perjalanannya bang

    BalasHapus
  2. Sabola dia dei ipar simaninggiro

    BalasHapus
  3. Sabola dia dei ipar simaninggiro

    BalasHapus
  4. Halo bro desa simaninggir ada 3 di kabupaten paluta, yg bertepatan guah tuk-tuk yang bro maksud di kecamatan mana???
    Terimakasih...

    BalasHapus
  5. Mantap bro petualangannya. Izin share di fb satu foto bro. Trims banyak

    BalasHapus

TAPANULI NADEGES BLOGNYA ORANG TAPANULI

Masyarakat Tapanuli juga bisa berperan dalam mengirimkan berita tentang tapanuli, baik itu budaya, adat istiadat, peristiwa alam, perjalanan, maupun karya seni seperti photo video, cerpen dll. dapat dikirimkan ke email: tapanulinadeges@gmail.com http://tapanulinadeges.blogspot.com/2013/11/mari-kirimkan-karyamu-ke-tapanuli.html

Tapanuli Tanah yang kaya dan masyarakatnya beradat
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh