Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Senin, 25 Maret 2013

Tambang Emas Batangtoru


Tambang Emas Batangtoru



Bicara singkat tentang tambang emas Batangtoru ini memang pro-kontra, melihat situasi dan kondisi masyarakat Batangtoru saat ini banyak yang bergantung kepada perusahaan tambang ini, namun ada juga sebagian masyarakat yang merasa dirugikan dan merasa tambang emas ini hanya akan menimbulkan kehancuran di bumi kelahiran mereka (Batangtoru). Tambang ini sudah beroperasi lebih dari 10 tahun terakhir dan sudah memberikan dampak positif dan negatifnya kepada masyarakat Batangtoru. Apabila dilihat dari aspek ekonomi, Batangtoru mengalami kemajuan yang sangat pesat dan seiring ekonomi bertambah baik  harga kebutuhan masyarakat juga ikut naik (padahal tidak semua warga Batangtoru adalah karyawan tambang), inilah salah satu sisi negative yang langsung dialami masyarakat, belum lagi memebahas tentang dampang pendek dan panjangnya pertambangan bagi lingkungan dan ekosistem di hutan Batangtoru itu sudah pasti mengalami perubahan.

Tambang Emas ini didirikan oleh berbagai Perseroan Terbatas, antara lain ada PT. AR, PT. Leighton dan sebagainya. Dalam penerimaan pegawai tambang emas ini menurut yang saya ketahui telah disepakaati bahwa jumlah karyawan pertambangan (70 dari warga pribumi) berbanding (30 dari luar Batangtoru). Batang toru merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan yang kaya akan hasil alam baik dari perkebunan maupun wisata alamnya. Kabar-kabarnya pertambangan emas ini akan beroperasi/ masa kontrak kedepannya selama 10-15 tahun lagi, setelah tambang emas ini selesai bagaimana nasib ribuan karyawan nya? Itu juga salah satu masalah yang menunggu dicarikan solusi oleh Pemda Tap-Sel. Belakangan ini marak terjadi demon mengenai pertambangan emas Batangtoru, semisal tentang kerusakan lingkukan, pembebasan lahan, tutur sapa warga asing dan yang terakhir adalah masalah pembebasan lahan untuk pembuangan limbah yang diprediksi akan mencemari sungai dan lingkungan Batangtoru.
Gambar-gambar dibawah ini saya ambil pada saat Angkatan Muda Batangtoru dan Sekitar demon ke tambang emas karena sikap seorang pekerja pihak asing yang berbicara seakan menyepelekan warga pribumi. Semoga pertambangan emas di Batangtoru memberikan dampak yang lebih baik bagi warga Batangtoru dan sekitar, karena tidak dapat dipungkiri Tambang Emas ini juga telah memberikan pemasukan yang sangat banyak kepada Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini.





















7 komentar:

  1. CSR nya jangan lupa tuh boss

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Corporate Social Responsibility (Kerjasama tanggung jawab sosial)

      Hapus
  3. tenangma abang pala halak barat do namaniop usaho pasti aman,alami,indah, sanga didiape, hutani halak sandirima ligi ias ude dalanna,sungena, meludahsebarangan saja didenda ko apalagi namanya merusak alam, membuang sampah sembarangan, bah mana bisa, kan garana pembangunani dopei nape sidung diatur sude lokasii aso indah, alami museng, bisa do kan sabar?

    BalasHapus
  4. tenangma abang pala halak barat do namaniop usaho pasti aman,alami,indah, sanga didiape, hutani halaki sandirima ligi di internet ias sude dalanna,sungena, meludah sembarangan sajo didenda ko apalagi namanya merusak alam, membuang sampah sembarangan, bah mana bisa, kan garana pembangunani dopei nape sidung diatur sude lokasii aso indah, alami museng, bisa do kan sabar?
    Ligima bang karejo niahalakini di Caltex, deges kan, hutana ias, madrasah dibangun,rumah sakit,masjid, sikola, masabur sajo otik miaki madipaias pake parasit pemakan minyak, nadong kotor. tapi anggo halak kita domaniop usaho pertambangan liginma didiape ahama najeges, ahama namaju? keceet sajo, oh Tuhan..

    BalasHapus
  5. tenang saja , ada pihak lain yg ingin menangani usaha ini , yg iri melihat perusahaan ini beroperasi di Batang Toru dgn cara memanas2i warga sekitar, cem mana menurut abang? jgn terpancing, kan? mmg orang barat ke gitu, malas cakap2 kalo jam kerja, kalo uda pulang kerja baru dia mau, mereka disiplin ketat, ngejar target . sudah biasa dari negerinya gitu

    BalasHapus

TAPANULI NADEGES BLOGNYA ORANG TAPANULI

Masyarakat Tapanuli juga bisa berperan dalam mengirimkan berita tentang tapanuli, baik itu budaya, adat istiadat, peristiwa alam, perjalanan, maupun karya seni seperti photo video, cerpen dll. dapat dikirimkan ke email: tapanulinadeges@gmail.com http://tapanulinadeges.blogspot.com/2013/11/mari-kirimkan-karyamu-ke-tapanuli.html

Tapanuli Tanah yang kaya dan masyarakatnya beradat
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh