Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Minggu, 24 Maret 2013

Goa Pandaratan


Goa Pandaratan

Goa yang satu ini juga jarang sekali dikunjungi yang namanya manusia, mungkin karena tidak banyak orang yang mengetahui lokasi goa ini. Penasaran dimana lokasinya? Goa ini terdapat di sibolga tepatnya di simpang Pondok Batu Pandaratan. Goa pandaratan tepat berada di bibir pantai Sibolga, jika kita ingin mengunjungi goa ini kita akan melewati sebuah bukit batu dan kemudian menyusuri pantai -+ 500 meter.
Goa Pandaratan ini merupakan goa alami yang terbentuk karena hempasan ombak laut yang berulang-ulang selama ratusan tahun, goa ini memiliki kedalaman -+30 meter, goa ini tidak buntu tetapi dapat tembus ke sisi pantai yang lain. Panorama disekitar goa sangat indah sekali, disamping goa ini terletak tepat di pinggir pantai kita juga bisa menaiki batu goah dan memandangi luasnya laut lepas Sibolga.
Tidak jauh dari Goa Pandaratan, jika kita terus menyusuri bibir pantai kita akan menemukan sebuah pelabuhan kecil kapal nelayan dan beberapa rumah pendududk, dan jika kita telusuri ke perbukitan kita akan menemuka air terjun yang bisa di daki dan memandangi indah dan birunya laut Sibolga dari air terjun ini. Air terjun ini juga merupakan sumber air minum bagi masyarakat.
Goa ini berjarak -+10 Km dari kota sibolga, -+65Km dari kota Padangsidimpuan, dari kota padangsidimpuan kita dapat menaiki angkutan umum taksi (L300) sekitar 2 Jam perjalanan dan ongkos Rp 20.000/@. Jangan lupa ingatkan Pak supir berhenti di Simpang Pondok Batu, dari simpang kita dapat berjalan -+ 1,5 Jam atau naik beca dengan ongkos Rp 5000 rupiah (tinggal pilih saja).
Pada saat saya kesini saya berjalan kaki sendirian karena ingin menikmati suasana pantai secara maksimal (berat di ongkos :-) ). Saat melakukan perjalanan jangan lupa menyediakan minuman karena disana sangat panas (jika tidak hujan), pakaian lengan panjang, dan yang tidak boleh ketinggalan kamera buat dokumentasi perjalanan mu. Tonton video penelusuran goa disini.







Pemandangan pantai dari ujung goa
 Dalam perjalanan menuju air terjun kita harus mendaki dan menuruni batu karang menggunakan tali yang sudah tersedia (jika tidak ingin basah)
Keadaan di dalam goa

Ada beberapa celah/liang di dalam goa batu karang ini

 Salah satu celah menuju ke atas goa
 Ini adalah terowongan di dalam goa bisa tembus ke sisi pantai lain.
Melewati terowongan memaksa kita harus merunduk karena kecilnya terowongan goa.
Setelah keluar dari terowongan kita akan menjumpai pemandangan laut lepas lagi.

 Pemandangan dari atas air terjun.
Ini gambar air terjun.










1 komentar:

  1. Dulu sekitar 25 thn yg lalu tdk banyak orangntau pantai ini. Saya pertama kali kesini saat ada proyek biologi dari sekolah (sma 1 sibolga), tentang binatang laut keluarga mullusca. Satu kata yg tidak berubah tentang pantai ini, tetap indah, myngkin hutan bakau yg banyak jerangnya yg sudah menyusut ya..,

    BalasHapus

TAPANULI NADEGES BLOGNYA ORANG TAPANULI

Masyarakat Tapanuli juga bisa berperan dalam mengirimkan berita tentang tapanuli, baik itu budaya, adat istiadat, peristiwa alam, perjalanan, maupun karya seni seperti photo video, cerpen dll. dapat dikirimkan ke email: tapanulinadeges@gmail.com http://tapanulinadeges.blogspot.com/2013/11/mari-kirimkan-karyamu-ke-tapanuli.html

Tapanuli Tanah yang kaya dan masyarakatnya beradat
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh