Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Sabtu, 23 Maret 2013

Goa Aek Badak

Tonton video penelusuran goa aek badak di youtube klik disini.

Goa Aek Badak


Terdapat di Desa Aek Badak Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli selatan. Di Desa aek badak ini terdapat tiga goa yang saling berdekatan dan dapat di masuki manusia, untuk menuju goa dapat melalui jalan dari perkebunan masyarakat dari simpang masjid raya aek Badak kemudian melewati kilang padi terus ke perkebunan coklat dan karet dan kemudian mendapati jalan tanjakan sebelum mendapatkan bibir goa yang pertama, dalam perjalanan dari jalan raya menuju goa mempunyai jarak tempuh -+30 menit dengan berjalan kaki, tetapi bias juga memakai kendaraan roda dua namun jalan menuju goa terbilang sulit. Dalam penelusuran goa Aek Badak ini yang perlu dipersiapkan adalah alat penerangan yang memadai karena di dalam goa sangat gelap sekali, masker untuk menghindari bau menyengat dari kotoran kelelawar dan katak di dalam goa, baju lengan panjang agar terlindungi dari daun latong (tumbuhan gatal-gatal di sekitar goa yang gatalnya sampai tiga hari baru hilang), penutup kepala agar terhindar dari kotoran kelelawar, sepatu ladam atau als kaki yang tidak licin karena di dalam goa itu tanahnya lembab dan licin. Pada saat melakukan perjalanan menuju goa ini tidak perlu khawatir akan kehabisan air minum ataupun ingin masak-masak dilokasi goa karena dalam perjalanan sekitar 500m sebelum mendapatkan goa ada pipa air minum yang sengaja dilubangi untuk diambil airnya, sebenarnya disekitar goa juga ada sungai yang airnya sangat jernih tetapi sungai ini memiliki air apabila saat musim hujan saja.


Di dalam goa selain terdapat kelelawar dan katak besar juga terdapat stalaktit (batu yang berbentuk kerucut yang menempel di langit-langit goa), stalakmit ( batu yang menyerupai kerucut di lantai/dasar goa) bias dikataka stalaktit dan stalakmit ini sepasang karena terbentuk dari tetesan air yang berlangsung puluhan tahun, di dalm goa juga terdapat batu batu yang berkilauan seperti permata yang apabila terkena cahaya akan memantulkan gemerlap yang sangat indah sekali. Goa Aek Badak ini adalah sebuah goa batu kapur  yang alami, namun kondisinya sekarang sudah mulai rusak karena gempa yang terjadi beberapa waktu lalu menjadikan stalaktit di atas goa ini berjatuhan sehingga menimbun beberapa lorong di dalam goa. Goa ini mempunyai kedalaman bervariasi kira kira memiliki kedalaman 60-100 meter kedalam dan tinggi mencapai 20 meter lebih dan memiliki dinding batu yang ber kamar-kamar. Pada saat melakukan telusur goa Aek Badak ini saya melakukannya sendirian.































1 komentar:

TAPANULI NADEGES BLOGNYA ORANG TAPANULI

Masyarakat Tapanuli juga bisa berperan dalam mengirimkan berita tentang tapanuli, baik itu budaya, adat istiadat, peristiwa alam, perjalanan, maupun karya seni seperti photo video, cerpen dll. dapat dikirimkan ke email: tapanulinadeges@gmail.com http://tapanulinadeges.blogspot.com/2013/11/mari-kirimkan-karyamu-ke-tapanuli.html

Tapanuli Tanah yang kaya dan masyarakatnya beradat
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh